Rabu, 16 Desember 2015

AL QUR'AN SUMBER ILMU PENGETAHUAN

Disebutkan bahwa Al qur'an adalah mukjizat yang diturunkan kepada Nabi muhammad SAW.
Al qur'an menjelaskan tentang hukum , dan kisah nyata dari cerita nya kaum kaum terdahulu yang hidup  beribu ribu tahun sebelum zaman nabi muhammad. Dan Allah juga memperlihatkan tanda-tanda kekuasaan Nya di dalam Al qur'an.


Diselamatkannya Jasad Fir’aun
“Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu” [QS 10:92]

Maurice Bucaille dulunya adalah peneliti mumi Fir’aun di Mesir. Pada mumi Ramses II dia menemukan keganjilan, yaitu kandungan garam yang sangat tinggi pada tubuhnya. Dia baru kemudian menemukan jawabannya di Al-Quran, ternyata Ramses II ini adalah Firaun yang dulu ditenggelamkan oleh Allah swt ketika sedang mengejar Nabi Musa as.
ini adalah bukti nyata kebenaran dan mukjizat alqur'an dari Allah.

Allah mendorong kaum muslimin untuk memperhatikan jagad raya sebagai ayat atau tanda sekaligus sebagai sumber ilmu. Alam semesta ini merupakan sebuah tanda kebesaran Tuhan. Alam semesta ini berjalan sesuai dengan ilmu Allah. Al-Qur’an menerangkan tentang laba-laba, binatang melata (dabbah), sapi, unta, semut, kuda, nyamuk dan lain sebagainya. Alam semesta ini direndahkan untuk manusia. Semua produk alam semesta ini harus digunakan manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Ilmu pengetahuan harus dimanfaatkan oleh manusia untuk menghasilkan barang-barang yang dapat memberikan kehidupan yang baik pada diri manusia itu sendiri.

Dalam ilmu geografi menjelaskan
Matahari, planet, satelit dan benda langit lainnya bergerak dalam garis edarnya masing-masing. Alquran surat Al Anbiya ayat 33 dan surat Yaasin ayat 38 menjelaskan mengenai fakta ilmiah itu dan terbukti kebenaranya.
Banyak ayat dalam Alquran yang menjelaskan tentang alam semesta dan tata surya. Beberapa di antaranya seperti:
“Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.” (QS Al Anbiya:33)


0 komentar:

Posting Komentar